Transportasi Publik dengan Rute dan Jadwal yang Fleksibel, Memang Ada?

“Kami menggunakan sistem smart demand-responsive ya, kak.” “Apa itu, min?” Pasti kalian pernah mendengar jawaban ini dari Swoopermin. Sebagian dari kalian mungkin bertanya-tanya mengapa rute dan jadwal armada Swoop beberapa kali mengalami perubahan. Hal itu karena Swoop merupakan alat transportasi umum yang menggunakan sistem smart demand-responsive untuk membuat perjalanan yang lebih efektif dan efisien bagi Teman Swooper.

Apa Itu Alat Transportasi Demand-Responsive?

Smart demand-responsive atau permintaan cerdas responsif merupakan sistem yang digunakan pada transportasi demand-responsive. Transportasi demand-responsive (DRT) adalah bentuk dari transportasi bersama atau social-rides yang biasa digunakan untuk kelompok yang ingin berpergian dengan rute dan jadwal yang dapat berubah menyesuaikan permintaan pengguna.

Kamu dapat menjumpai DRT di area yang memiliki akses transportasi umum terbatas dan memiliki permintaan lebih sedikit dibandingkan area yang lainnya. Bisa juga ditujukkan bagi kelompok tertentu seperti karyawan kantor, murid sekolah, dan sebagainya. Secara umum, DRT mengantarkan penumpang dari poin-poin berdasarkan kebutuhan mereka.

Jenis Kendaraan DRT

DRT merujuk pada berbagai macam jenis transportasi umum. Namun berbeda dengan transportasi umum dengan rute yang tetap, karena DRT lebih fleksibel pada jadwal dan rutenya. Ketika beberapa orang sudah melakukan request perjalanan, rute dan jadwal akan menyesuaikan agar efektif dan efisien bagi para penggunanya.

Shared taxi merupakan salah satu transportasi dari DRT pengoperasiannya secara ad hoc namun juga tidak memiliki rute dan waktu yang tetap. Pengubahan rute dan jadwal biasa berdasarkan permintaan dari penumpang.

Beberapa DRT memiliki pengoperasian yang tidak sesuai dengan rute tetap. Misalnya memiliki area tujuan tertentu tapi dapat menaikkan atau menurunkan penumpang di titik-titik yang penumpang inginkan.

Klasifikasi alat transportasi massal
Klasifikasi alat transportasi massal

Swoop sebagai DRT

Swoop merupakan salah satu DRT yang memberikan fleksibilitas rute dan jadwal kepada penggunanya berdasarkan permintaan. Oleh karena itu, Swoop selalu berusaha mendengarkan dan mewujudkan permintaan dari penumpang. Saat ini Swoop melayani beberapa area di Jabodetabek dan ke depannya akan lebih luas lagi. Kami mengutamakan daerah yang minim akses untuk transportasi umum. Namun tidak menutup kemungkinan untuk kami berkembang di area kota demi kemudahan akses, keamanan, kenyamanan, dan lingkungan yang lebih baik.

Jika kamu ingin Swoop ada di daerah kamu, kamu dapat request perjalanan melalui link ini.