3 Cara Hemat Uang dengan Kurangi Ongkos Transportasi

Money can buy you happiness” ternyata ini berlaku untuk orang-orang yang suka shopping atau jajan makanan, ya. Sering kali kita ingin memanjakan diri dan justru berujung pada pengeluaran yang membengkak. Kalau kamu tipe orang yang harus selalu memberikan rewards untuk dirimu sendiri, salah satu cara hemat uang adalah dengan mengurangi biaya transportasi.

Nah, uang hasil menguragi biaya transportasi bisa kamu alokasikan sebagai tabungan jangka pendek untuk membeli barang yang kamu inginkan atau sebagai dana darurat.

Hemat uang dari biaya transportasi

3 Cara Hemat Uang Transportasi

1. Jalan Kaki atau Bersepeda

Kamu bisa berjalan kaki atau bersepeda kalau kantor kamu jaraknya tidak terlalu jauh. Bahkan ongkos transportasi bisa jadi nol kalau kamu melakukan ini. Selain sangat hemat, kamu jadi bisa sekaligus berolahraga setiap hari. Pas banget untuk kamu yang sulit bagi waktu untuk berolahraga.

2. Naik Angkutan Umum

Fasilitas angkutan umum di setiap daerah pasti berbeda. Di wilayah dengan mobilitas yang tinggi seperti Jabodetabek memiliki fasilitas dan pilihan angkutan umum yang lebih lengkap. Nggak hanya ke kantor, kamu bisa juga pergi ke tempat-tempat umum lainnya seperti pusat belanja atau tempat hiburan.

3. Naik Social Ride

Cara hemat uang lainnya adalah dengan naik social ride dari Swoop. Hampir sama seperti angkutan umum, social ride memudahkan kamu untuk berpergian dengan tarif yang terjangkau. Kelebihannya, kamu bisa jalan kaki ke penjemputan karena titik lokasi yang lebih dekat dengan rumahmu. Kamu juga pasti pasti dapat tempat duduk yang nyaman selama perjalanan.

Baca Juga: Social Rides, Ride Sharing dan Ride Hailing. Apa Bedanya?

Salah satu social ride yang beroperasi di Jabodetabek adalah Swoop. Swoop menggunakan kendaraan ukuran medium dengan kapasitas 14 hingga 19 penumpang. Kamu harus terlebih dahulu melakukan pemesanan secara online untuk mendapatkan tempat duduk. Kalau rumahmu sejalan dengan rute yang tersedia, kamu bisa request untuk dijemput lebih dekat dengan rumahmu, loh.

5 Keuntungan Naik Swoop untuk Hemat Uang Transportasi

1. Hemat Uang Bensin

Anggap ongkos bensin sehari kamu diganti dengan biaya naik Swoop, kamu masih bisa hemat hingga 50%, loh. Tarif Swoop yang stabil juga tidak akan mempengaruhi perubahan harga saat hujan atau jam sibuk. Jadi kamu bisa menghitung rencana pengeluaran transportasimu dengan pasti setiap bulan.

2. Hemat Uang Parkir

Biaya parkir untuk motor di Jakarta sekitar Rp10.000 dan biaya parkir mobil bisa mencapai Rp50.000 per harinya. Kalau kamu kalikan dengan 22 hari kerja, kamu bisa hemat hingga Rp220.000 per bulan untuk motor dan Rp1.100.000 untuk mobil, jumlah yang lumayan, bukan?

3. Hemat Uang Tol

Aksesbilitas kendaraan di Jabodetabek saat ini sudah terbantu oleh banyaknya jalan tol. Untuk dapat menikmati fasilitas ini tentunya kamu perlu membayar sejumlah biaya sesuai dengan jarak dan lokasi jalan tol tersebut. Dengan Swoop, ongkos yang kamu keluarkan sudah termasuk biaya tol. Kamu tidak perlu mengeluarkan biaya tambahan untuk mendapatkan akses yang lebih cepat.

Kamu bisa menghitung biaya tol per hari dan dikalikan dengan berapa kali kamu melewati jalan tersebut selama sebulan. Hasilnya kamu tau deh berapa rupiah yang bisa kamu hemat kalau tidak perlu membayar tol lagi.

4. Hemat Uang Service

Semua orang yang memiliki kendaraan pribadi pasti tau kapan waktunya untuk service kendaraan. Kalau kamu hanya menggunakan kendaraan pribadimu di waktu tertentu saja, indikator kilometer jadi lebih rendah dan kamu bisa menunda service hingga beberapa minggu ke depan. Kemudian uang service tersebut bisa kamu alokasikan untuk kebutuhan yang lain atau untuk membeli barang yang kamu inginkan!

5. Hemat Uang Pijat (Karena Kurang Gerak dan Terlalu Sering Duduk)

Siapa yang sering sakit punggung atau jaman sekarang menyebutnya dengan jompo? Selain disebabkan karena kurang menggerakkan tubuh, hal ini juga disebabkan karena terlalu sering duduk. Ditambah lagi stres yang kamu rasakan ketika kamu membawa kendaraan sendiri dan harus melewati macet. Alhasil harus ada pengeluaran untuk pijat setiap minggu.

Ketika pakai Swoop, kamu tetap akan bisa menggerakan tubuhmu dengan berjalan kaki setiap hari. Selama perjalanan kamu juga tidak perlu merasakan stres saat macet. Kamu justru bisa menggunakan waktu perjalanan untuk beristirahat di tempat duduk yang nyaman.

Dengan pakai Swoop, kamu bisa memulai gaya hidup yang lebih sehat serta lebih hemat. Nggak perlu pusing lagi kalau sedang ingin membeli barang yang sudah kamu idam-idamkan. Yuk, pakai Swoop sekarang dengan pesan di sini.