Negara-negara dengan Pengguna Angkutan Publik Terbanyak

Banyak penduduk dunia yang menggunakan angkutan publik sebagai alat transportasi utamanya untuk mendukung kegiatan sehari-hari mereka. Dominasi transportasi umum di sebuah negara dipengaruhi oleh berbagai hal, seperti biaya membeli dan memiliki kendaraan pribadi, integrasi sistem transportasi, ketersediaan infrastruktur, dan peraturan yang berlaku. Berikut adalah negara-negara dengan jumlah pengguna angkutan publik tertinggi di dunia.

Grafik jumlah pengguna angkutan publik tertinggi di dunia.
Grafik jumlah pengguna angkutan publik tertinggi di dunia.

Baca juga: Resmi Bekerjasama dengan MRT Jakarta, SWOOP Hadir untuk Layani Komuter di Jabodetabek

Kenya

Terdapat sekitar 63% dari populasi penduduk Kenya yang menggunakan transportasi umum. Tingginya biaya untuk memiliki kendaraan, bahan bakar yang mahal, dan infrastruktur jalan yang belum memadai menjadi alasan dominasi angkutan umum di negara ini. Moda transportasi utama di negara ini adalah bus karena banyak jalur kereta masih dapat tahap pengembangan.

Pengguna Angkutan Publik di Rusia

Pengguna kendaraan umum di negara ini sekitar 57%. Kendaraan umum di Rusia memiliki banyak peminat karena lebih murah, cepat, dan memiliki jalur yang panjang dan luas. Sistem jalan raya dan jalur kereta yang bagus dapat ditemui di kota-kota besar. Bus dan trem menjadi pilihan untuk berpergian jarak dekat, dan kereta menjadi pilihan untuk berpergian jarak jauh.

Venezuela

Terdapat sekitar 56% penduduk Venezuela yang memilih untuk menggunakan transportasi publik. Di negara ini, memiliki kendaraan pribadi terbilang mahal karena tingginya pajak untuk kendaraan import. Meskipun harga bahan bakar di sini termasuk yang paling murah di dunia, namun pendapatan per kapita sangat rendah dan pengangguran sangat tinggi. Akhirnya orang-orang tidak mampu untuk membeli kendaraan pribadi.

Ukraina

Transportasi umum di kota-kota besar Ukraina terbilang cukup maju. Masyarakat di sana bisa pergi ke bagian kota lainnya dengan mudah hanya dengan menggunakan kendaraan. Sistem jalur rel sangat baik, namun kebanyakan masyarakat di sana lebih memilih bus untuk alat trasnportasi utamanya.

Pengguna Angkutan Publik di Korea

Korea memiliki fasilitas transportasi publik yang sangat bagus. Di Seoul, pemerintah mampu merespon permintaan dari 12 juta pengguna angkutan publik dengan baik. Selain mengembangkan sistem jalur kereta dan jalan raya, mereka juga mengutamakan smart technology untuk membuat mobilitas menjadi lebih mudah dan praktis.

Turki

Sistem transportasi umum di Turki sangat nyaman dengan harga yang terjangkau. Hampir semua kota memiliki shelter bus untuk yang terhubung dengan free shuttle. Selain itu, terdapat potongan harga untuk pelajar.

Pengguna Angkutan Publik Secara Global

Angkutan umum perlahan menjadi pilihan bagi banyak masyarakat dunia seiringan dengan investasi pada jalan, rel, bandara, dan pelabuhan oleh pemerintah. Selain dapat mengurangi angka kemacetan, angkutan publik banyak digunakan di kota-kota besar karena cenderung lebih menjangkau jarak jauh, cepat, hemat, aman, dan mampu memuat banyak penumpang sekaligus.

Swoop Angkutan Publik Alternatif

Swoop hadir di Jabodetabek untuk membantu masyarakat dengan pilihan moda transportasi alternatif yang nyaman, aman, serta lebih terjangkau. Dengan sistem pemesanan tempat duduk, pengguna akan merasa nyaman untuk melakukan perjalanan sehari-hari. Mulai naik Swoop sekarang dengan klik di sini.