7 Pertimbangan Sebelum Beli Mobil, Wajib Diperhatikan!

Banyak pertimbangan sebelum beli mobil yang harus kamu pikirkan, seperti kenyamanan, keamanan, dan efesiensi. Tapi perencanaan keuangan adalah hal yang sangat penting dan harus kamu perhatikan untuk menghitung konsekuensi ke depannya. Jika dengan memiliki mobil bisa mengganggu aliran keuangan kamu, hal yang paling mudah di lakukan adalah dengan menjual aset atau barang-barangmu yang sudah tidak terpakai. Tapi apakah semudah itu mendapatkan uang dengan menjual barang bekas?

Baca Juga: 3 Cara Hemat Uang dengan Kurangi Ongkos Transportasi

Karena banyaknya pertimbangan ini, sebaiknya jangan membuat keputusan untuk membeli mobil dengan terburu-buru. Simak penjelasan di bawah tentang persiapan keuangan apa saja yang harus kamu perhatikan ketika akan membeli mobil.

1. Pertimbangan Beli Mobil dari Penghasilan

Memilih pembayaran dengan kredit atau cash bisa kamu hitung berdasarkan penghasilanmu. Jangan sampai kamu memutuskan membeli mobil karena gensi, jika gajimu tidak jauh di atas UMR. Terlebih jika kamu memutuskan untuk mengambil cicilan, karena memiliki bunga yang cukup besar. Mungkin akan lebih menguntungkan jika kamu menabung terlebih dahulu dan membeli secara tunai.

2. Biaya Perawatan

Kendaraan bermotor pastinya membutukan servis secara rutin. Semakin jauh jarak tempuh pada indikator mobil, maka akan semakin besar juga biaya perawatan setiap bulannya. Belum lagi perawatan lainnya seperti ganti oli, cuci mobil, pembersihan jamur kaca, atau aksesoris dan perawatan tambahan lainnya. Biaya ini tidak bisa kamu lewatkan karena mobil yang tidak terawat pasti akan sering bermasalah.

3. Pajak

Pajak kendaraan bermotor yang harus kamu bayarkan setiap tahun tidak sedikit. Biasanya mulai dari Rp3.500.000 – Rp15.000.000 tergantung merek dan jenis mobil yang kamu miliki. Indonesia memiliki sistem pajak progresif untuk kendaraan bermotor, artinya semakin banyak kendaraan bermotor yang kamu miliki maka tarifnya akan semakin naik berdasarkan persenan dari jumlah kendaraan yang kamu miliki.

4. Pertimbangan Beli Mobil: Asuransi

Banyak hal yang bisa terjadi di jalan raya meskipun kamu sudah mengendarai mobil dengan hati-hati. Kecelakaan bisa disebabkan oleh kelalaian para pengendara ataupun keadaan alam seperti force majeur. Bisa jadi pohon tumbang tepat di atas mobil kamu atau sebagainya.

Bukan maksud menakuti-nakuti tapi alangkah lebih baik jika kamu tetap waspada dan memiliki persiapan. Asuransi mobil bisa menjadi penyelamat kamu jika hal-hal yang tidak diinginkan terjadi. Kamu bisa terbebas dari biaya servis mobil yang sangat mahal dengan menggunakan asuransi.

5. Bahan Bakar

Biaya bahan bakar sangat besar jika kamu menggunakan mobil untuk aktivitas sehari-hari. Beberapa jenis mobil juga sudah tidak mendapatkan subsidi bahan bakar. Kamu bisa menghabiskan biaya Rp600.000 hingga Rp2.000.000 setiap bulannya. Ini yang kemudian akan menjadi salah satu pengeluaran terbesarmu. Apalagi jika kamu memilih mobil yang boros bahan bakar.

6. Kebutuhan Lainnya

Apakah dengan memiliki mobil akan memudahkanmu atau justru menjadi beban untukmu? Kamu harus pikirkan lagi kebutuhan-kebutuhan lainnya yang memiliki biaya besar. Jangan sampai biaya lainnya justru tidak terbayar atau pun sebaliknya.

7. Urgensi Jadi Pertimbangan Beli Mobil

Kalau kamu tinggal di kota dengan mobilitas yang tinggi, kamu harus memikirkan jalan macet yang sulit untuk dihindari. Selain itu kamu juga harus mempersiapkan lahan parkir terlebih dahulu. Pertimbangkan kembali apakah kamu benar-benar harus mempunyai mobil atau tidak. Bisa jadi akan lebih menguntungkan dan meringankan bebanmu jika naik kendaraan umum dibandingkan dengan memiliki mobil sendiri, lalu kamu bisa menabung untuk membeli rumah terlebih dahulu.

Perbandingan beli mobil dengan menggunakan Swoop.
Perbandingan beli mobil dengan menggunakan Swoop.

Itulah pertimbangan sebelum beli mobil yang harus kamu pikirkan terlebih dahulu. Pastikan apakah lebih baik membeli mobil pribadi atau menggunakan kendaraan umum.

Swoop social ride adalah transportasi alternatif yang kamu bisa gunakan jika membeli mobil akan menjadi beban buat kamu. Kamu tetap bisa menabung karena Swoop memiliki tarif yang terjangkau serta memiliki tempat duduk yang nyaman seperti naik mobil pribadi.

Pesan Swoop sekarang dengan klik di sini.