Cegah Sakit Punggung Akibat Berkendara Terlalu Lama dengan 3 Cara Ini

Kendaraan bermotor seperti sudah menjadi kewajiban untuk dimiliki warga Jakarta dan sekitarnya. Harganya yang murah dan pajak yang rendah membuat orang-orang dapat memiliki mobil atau motor dengan mudah. Banyak orang yang akhirnya lebih memilih untuk membawa kendaraan bermotor untuk kegiatan sehari-hari. Bagi kalian yang selalu berkendara sendiri setiap hari dengan kondisi Jakarta yang macetnya nggak nyantai ini, hati-hati ya kalian bisa terkena sakit punggung bagian bawah akibat berkendara terlalu lama.

Jangan sepelekan, sakit punggung bagian bawah ini rasanya sangat nyeri, loh. Jika kamu sudah pernah terkena sekali saja, sakit ini bisa kambuh lagi sewaktu-waktu. Apalagi jika kamu memiliki kebiasaan yang kurang sehat, kamu akan lebih sering merasakan pegal pada punggung bagian bawah atau orang sering menyebutnya encok.

Baca Juga: Kenali Perbedaan Istilah Transportasi Online yang Sedang Populer

Penyebab Sakit Punggung Bagian Bawah

Sebenarnya sakit punggung bisa disebabkan oleh banyak hal, salah satunya adalah terlalu lama duduk dengan posisi yang tidak nyaman. Sakit punggung akan lebih sering dirasakan ketika berkendara karena posisi duduk yang salah, apalagi di Jakarta kita harus menempuh perjalanan panjang dan lama. Ditambah lagi, sesampainya di kantor atau sekolah kamu juga harus bekerja atau belajar dengan posisi duduk, bukan?

Berkendara dengan mobil mungkin akan terasa lebih nyaman karena kamu dapat mengatur tempat duduk yang sesuai dengan kamu. Namun bagaimana dengan pengendara motor? Motor tidak memiliki sandaran punggung seperti mobil yang akhirnya membuat pengendara akan cenderung membungkuk selama perjalanan.

Minimnya aktivitas fisik juga menjadi salah satu penyumbang sakit punggung untuk kamu yang terlalu sering duduk. Punggung jadi penopang tubuh utama kita. Ketika terlalu sering duduk dan tidak melatihnya, fungsinya menjadi tidak optimal sehingga mudah sakit.

Mencegah Sakit Punggung

Jika kamu pernah merasakan sakit punggung, kamu dapat mencegahnya agar tidak muncul kembali. Caranya cukup mudah, kamu bisa melakukan beberapa hal sebagai berikut:

1. Melakukan Perengangan dan Aktivitas Fisik

Cara yang paling mudah dilakukan adalah dengan berolahraga. Sibuknya perkerjaan dan perjalanan pulang-pergi yang memakan waktu cukup lama pasti sering membuat kamu jadi melupakan olahraga. Walaupun kelihatannya sepele, melatih otot tubuh kamu itu hal yang sangat penting, loh. Badan kita diciptakan untuk selalu bergerak, sehingga jika kamu cenderung selalu duduk dan jarang beraktivitas fisik maka tubuh kamu akan jadi sakit dan mudah pegal. Olahraga yang paling mudah untuk dilakukan adalah dengan berjalan kaki dan stretching.

2. Berkendara dengan Posisi Duduk yang Benar

Ketika mengendarai mobil kamu harus mengatur posisi duduk yang benar dan nyaman selama di perjalanan. Pengemudi harus duduk tegak dengan posisi lutut lebih tinggi dari pinggul dan dagu tatap tegak. Sandaran kursi jok harus rata dan menempel dengan punggung, pinggang, dan bahu. Sandaran kepala juga harus diatur untuk mencegah terjadinya sakit pada leher dan cidera leher jika terjadi benturan. Semua hal tersebut harus diperhatikan apalagi jika kamu akan berkendara dalam waktu yang cukup lama.

Posisi duduk wanita mengendarai mobil pribadi untuk mencegah sakit punggung bagian bawah
Posisi duduk yang benar ketika mengendarai mobil untuk mencegah sakit punggung bagian bawah

3. Gunakan Transportasi Publik

Cara terbaik yang bisa kamu lakukan untuk tetap menjaga kesehatan otot punggung adalah dengan menggunakan transportasi publik. Ketika kamu berjalan ke lokasi kendaraan di pagi hari, otomatis kamu sudah melakukan aktivitas fisik yang membuat ototmu tetap terbangun. Kamu bisa menambahkan peregangan di pagi hari sebelum berjalan ke penjemputan. Dengan menggunakan transportasi umum, kamu bisa mencegah terjadinya kesalahan duduk yang dapat membuat punggungmu sakit saat mengendarai kendaraan pribadi.

Naik Swoop untuk Alternatif Transportasimu

Kamu bisa menggunakan Swoop sebagai transportasi harianmu untuk mencegah terjadinya sakit punggung. Swoop merupakan transportasi publik alternatif point-to-point yang menawarkan perjalanan yang nyaman dengan tarif yang terjangkau. Dengan Swoop, titik jemput dan antar akan lebih dekat dengan lokasi yang kamu inginkan. Swoop menggunakan mobil berukuran medium yang membuat perjalananmu nyaman dengan seat yang sesuai untuk tubuhmu. Tidak perlu khawatir sakit punggung lagi, karena kamu bisa duduk dengan nyaman dan tetap aman.

Pesan perjalananmu melalui link ini.