Transformasi Transportasi Jakarta: dari Tenaga Hewan hingga Tenaga Listrik

Kebutuhan akan transportasi umum menjadi hal utama di area perkotaan yang memiliki mobilitas tinggi, seperti Jakarta. Transportasi Jakarta, terutama yang berfungsi untuk umum, mengalami perubahan yang cukup masif seiring dengan perkembangan teknologi yang semakin canggih. Berawal dari transportasi tradisional dengan tenaga kuda atau kerbau, kini Jakarta telah mampu membuat transportasi canggih yang terintegrasi. Semua diciptakan untuk membantu masyarakat memiliki kemudahan mobilitas yang lebih baik.

Transportasi Jakarta dari Masa ke Masa

Berikut perkembangan alat transportasi umum yang pernah beroperasi di Jakarta.

Transportasi Jakarta dari masa ke masa
Linimasa Perkembangan Transportasi Jakarta

1. Delman

Seorang insinyur bernama Charles Theodore Deelman menemukan Delman pada abad ke-18. Delman merupakan kendaraan dengan dua roda yang ditarik oleh seekor kuda dan bisa menampung hingga 4 penumpang. Meskipun biasa berfungsi sebagai kendaraan umum, banyak orang yang menggunakan Delman sebagai kendaraan pribadi.

2. Trem

Trem merupakan angkutan massal pertama yang ada di Jakarta yang mampu menampung hingga 40 orang. Pada saat pertama kali ditemukan, Trem masih ditarik oleh kuda. Pada tahun 1881, Trem mulai menggunakan mesin uap sebagai tenaga utamanya.

3. Kereta Api

Belanda membuat jalur kereta api pertama kali di Jakarta pada tahun 1869. Jalur kereta api ini menghubungkan Batavia (Jakarta) dengan Bogor. Pembuatan jalur kereta api di Indonesia pada saat itu untuk menopang perkembangan industri gula.

4. Transportasi Jakarta: Oplet

Pada tahun 1930, Oplet hanya beroperasi di sekitar Jakarta Timur sebelum merambah ke bagian Jakarta yang lainnya. Oplet beroperasi menggunakan mobil sedan bermerek Morris atau Austin produksi Inggris. Pada sekitar tahun 1970an, Oplet berhenti beroperasi karena dianggap terlalu tua.

5. Becak

Becak merupakan salah satu transportasi favorit masyarakat Jakarta pada tahun 1950an. Meskipun populer pada tahun tersebut, becak yang membawa penumpang sudah terlihat sejak tahun 1936. Becak kemudian tidak lagi diminati masyarakat semenjak dianggap mengeksploitasi manusia. Namun kamu tetap masih bisa menemukan becak di beberapa daerah lainnya di luar Jakarta.

6. Taksi

Sebenarnya taksi sudah ada sejak sekitar tahun 1930an. Taksi menjadi salah satu transportasi yang diminati oleh masyarakat Jakarta karena lebih nyaman dan aman dibandingkan transportasi lainnya. Menuju akhir 1960an, mulai terjadi penertiban untuk taksi menggunakan izin dan nama armada yang jelas untuk beroperasi.

7. Transportasi Jakarta: Bemo

Angkutan massal beroda tiga ini pertama kali muncul di tahun 1960an. Bemo pertama kali di produksi oleh perusahaan Jepang. Angukutan ini merupakan salah satu angkutan umum yang populer pada masanya karena terbilang praktis dan dapat menjangkau jalan-jalan yang sempit. Meskipun terlihat kecil, bemo dapat menampung hingga 8 orang penumpang.

8. Metromini

Metromini muncul pertama kali pada tahun 1962 untuk memfasilitasi Pesta Olahraga Negara-negara Berkembang. Pada tahun 1976, PT Metromini didirikan sebagai transportasi massal yang mampu menampung hingga 152 orang. Tarif Metromini hanya bekisar Rp100 pada tahun 80an.

9. Ojek

Ojek muncul di Jakarta untuk pertama kali pada tahun 1970, saat itu ojek masih menggunakan sepeda. Awalnya ojek muncul untuk akses ke pelabuhan karena adanya pembatasan transportasi umum di pelabuhan. Pada 1974, ojek mulai menggunakan sepeda motor. Karena sangat laku dan tidak ada penertiban dari polisi setempat, ojek dengan cepat menyebar di bagian Jakarta yang lainnya.

10. Transportasi Jakarta: Bajaj

Bajaj berasal dari India dan mulai masuk Jakarta pada tahun 1975. Sebenarnya bajaj menggunakan badan vespa yang dimodifikasi menjadi tiga roda dan diberi penutup. Tarif bajaj kurang lebih memiliki sistem yang sama dengan ojek konvensional atau taksi yaitu bergantung dengan jarak dan waktu tempuh.

11. Kereta Listrik

Sebenarnya kereta api dengan pengembangan jalur kereta lokomotif listrik pertama di Jakarta sudah ada sejak jaman Belanda yaitu pada tahun 1925. Pada 1976 pihak KA memperbarui kereta Belanda menjadi lokomotif Jepang. Semenjak satu itu, KRL terus berkembang untuk melayani penumpang lebih baik hingga sekarang.

12. Angkot

Pemerintah DKI Jakart mulai membuat kebijakan untuk mengganti oplet dengan mikrolet atau angkot pada tahun 1980. Dengan mobil berukuran medium, angkot dapat memuat banyak penumpang namun dapat menjangkau area di gang sempit yang tidak terjangkau oleh bus.

13. Transportasi Jakarta: Bus Tingkat

Bus ini pertama kali beroperasi di Jakarta pada tahun 1983 dan mampu mengangkut hingga 106 penumpang dalam sekali jalan. Pintu bus juga sudah dapat membuka dan menutup secara otomatis. Bus tingkat berhenti beroperasi karena tidak stabil, suku cadang yang jarang,m dan kurang nyaman.

14. Busway

Busway atau Bus Rapid Transit pertama di Asia Tenggara telah beroperasi di Jakarta sejak tahun 2004. Lintasan TransJakarta yaitu sepanjang 208 dan merupakan lintasan BRT terpanjang di dunia. Jumlah pengguna TransJakarta diperkirakan hingga 350.000 orang setiap harinya. Tarif TransJakarta terbilang sangat murah untuk jarak tempuh yang jauh.

15. MRT

MRT mulai beroperasi di Jakarta pada tahun 2019. Transportasi massal ini dapat menampung hingga 175.000 penumpang per hari. Jalur yang beroperasi saat ini memiliki panjang 15,7 km dan menghubungkan Stasiun Lebak Bulus dengan Stasiun Bundaran HI. MRT juga merupakan layanan moda terpadu pertama yang beroperasi di Indonesia.

16. Transportasi Jakarta: Social Rides

Awal muncul di tahun 2021, social rides memanfaatkan teknologi digital dalam pengoperasiannya. Social rides beroperasi menggunakan mobil berukuran medium yang mampu mengangkut 14-19 penumpang. Social rides yang dapat kamu jumpai saat ini adalah Swoop. Kamu dapat menggunakan angkutan ini untuk berpegian sehari-hari dengan terlebih dahulu melakukan booking seat secara online. Kamu akan selalu mendapatkan tempat duduk dengan transportasi alternatif ini.

Coba Swoop social rides untuk transportasi harianmu dengan klik link ini.