Social Rides, Ride Sharing dan Ride Hailing. Apa Bedanya?

Serupa tapi tak sama. Apakah kalian sudah pernah menaiki transportasi yang menggunakan istilah ini? Mungkin kalian sudah sering mendengar beberpa transportasi online ride hailing. Namun bagaimana dengan social rides dan ride sharing. Ketiganya memiliki perbedaan yang sangat jelas dari segi sistem, penumpang, dan tarif perjalanan.

Banyaknya layanan transportasi digital berbasis online saat ini tentunya membuat beberapa perusahaan ingin menyediakan jasa transportasi yang selalu berinovasi. Aktivitas sehari-hari pasti sangat terbantu oleh adanya layanan transportasi yang selalu mengikuti kebutuhan masyarakat modern.  Seperti sekarang dengan mulai banyak transportasi umum hingga social rides, ride sharing atau ride hailing.

1. Aplikasi Ride Hailing

Ride hailing adalah layanan transportasi yang menghubungkan penumpang dengan pengemudi dari jarak jauh secara online. Layanan ini bersifat on-demand atau selalu tersedia ketika penumpang membutuhkan di sepanjang waktu. Penumpang dapat langsung menuju ke tempat tujuan tanpa perlu berbagi tumpangan dengan orang lain. Tarifnya cenderung lebih mahal dibandingkan dengan layanan transportasi lainnya karena khusus untuk individu yang melakukan pemesanan. Pemesanan ride hailing biasanya dilakukan melalui aplikasi.

Baca juga: Transportasi Umum dengan Rute dan Jadwal yang Fleksibel

transportasi online ride hailing
Wanita menggunakan layanan transportasi online ride hailing

2. Layanan Ride Sharing

Ride sharing memperbolehkan pengendara mobil untuk memberikan tumpangan kepada penumpang lain yang memiliki arah tujuan yang sama dengan pengemudi. Penumpang lain bisa mendapatkan tumpangan tergantung pada ketersediaan tempat duduk di dalam kendaraan. Ride sharing biasanya berbasi digital sehingga penumpang dapat mencari tumpangan secara online melalui aplikasi ride sharing. Tarif yang harus dibayarkan bersifat fleksibel tergantung kesepakatan para penumpang dengan pengemudi.

mobil untuk ride sharing
Mengendarai mobil bersama menggunakan ride sharing

3. Layanan Transportasi Online Social Rides

Mungkin lebih banyak dari kalian yang belum pernah mendengar social rides. Sama seperti shuttle, social rides mengantarkan penumpang dari tempat ke tempat. Perbedaanya, rute dan jadwalnya dapat berubah mengikuti permintaan dari pelanggannya. Pemberhentian dan waktu keberangkatan akan menyesuaikan setelah terdapat permintaan dari pelanggan sehingga rute akan lebih efektif dan efisien. Rute dan jadwal yang fleksibel tentunya akan lebih menguntungkan bagi penumpang.

Swoop merupakan satu-satunya layanan social rides yang ada di Indonesia dan pemesanannya bisa dilakukan secara online. Saat sini Swoop telah beroperasi di daerah Jabodetabek. Kamu bisa mendapatkan kenyaman perjalanan untuk transportasi sehari-hari dengan harga yang terjangkau. Kamu dapat mengunduh aplikasi Swoop melalui play store atau pesan melalui link ini.

Berkendara dengan Swoop social rides
Layanan transportasi online social rides dari Swoop.

Transportasi Online yang Menguntungkan

Sudah tahu perbedaan dari keempat layanan transportasi ini? Tentunya masing-masing layanan memiliki keuntungannya sendiri. Tarif ride hailing akan jauh lebih mahal jika bandingkan dengan yang lainnya, namun kamu tidak perlu berbagi tumpangan dengan orang lain. Sebaliknya kamu bisa menggunakan layanan transportasi berbagi tumpangan untuk harga yang lebih terjangkau.

Menurut kalian mana yang lebih menguntungkan untuk kamu gunakan sebagai transportasi sehari-hari?