Tunjangan Transportasi, Pilihan Menarik Benefit Perusahaan Idaman Karyawan

Tunjangan transportasi bisa jadi pilihan menarik benefit karyawan, karena keuntungannya bisa dirasakan sekaligus oleh perusahaan maupun karyawan sendiri.

Benefit karyawan merupakan investasi jangka panjang yang bisa diterapkan oleh perusahaan di level apapun perkembangannya. Memberikan benefit karyawan yang pas dapat membantu perusahaan untuk mempertahankan talent-talent terbaik juga meningkatkan produktivitasnya.

Investasi ini dapat menghemat waktu maupun biaya pergantian karyawan dalam jangka panjang. Sebuah studi dari Qualtrics menyebutkan, karyawan milenial memiliki 2.29 pekerjaan dalam 5 tahun terakhir. Artinya mereka melakukan pergantian pekerjaan setiap 26 bulan.

Memiliki tunjangan karyawan yang kuat, merupakan langkah bagus untuk memastikan karyawan loyal kepada perusahaan dan meningkatkan level kepuasan pekerjaannya. Namun, jangan berhenti di asuransi kesehatan dan BPJS saja. Masih banyak tunjangan karyawan lainnya yang bisa dieksplor oleh perusahaan, tunjangan transportasi salah satunya.

Apa itu tunjangan transportasi?

Tunjangan transportasi adalah benefit karyawan yang diberikan oleh pemberi kerja untuk menutupi ongkos atau biaya perjalanan yang dilakukan oleh karyawan. Beberapa perusahaan menerapkan hanya memberikan tunjangan ini untuk keperluan dinas saja, sementara beberapa lainnya memberikan paket full transport termasuk untuk berangkat dan pulang kerja. Khususnya di masa pandemi seperti ini, banyak perusahaan beralih memberikan tunjangan transportasi demi menjaga keamanan karyawan dari penyebaran virus covid-19.

Dasar hukum tunjangan transportasi

Dasar hukum yang berkaitan dengan tunjangan transportasi karyawan tercantum dalam Surat Edaran Menteri Tenaga Kerja dan Transmigrasi Republik Indonesia Nomor: SE-07/MEN/1990 tentang Pengelompokan Komponen Upah dan Pendapatan Non Upah (“SE Menakertrans 07/1990”) yang memasukkan tunjangan transportasi sebagai bagian dari komponen tunjangan tidak tetap.

Di luar legalitas, tunjangan transportasi sangat bermanfaat untuk karyawan terbaikmu

Kira-kira apa saja sih manfaat memberikan tunjangan ini bagi karyawanmu?

#1 Meningkatkan produktivitas karyawan

Perjalanan yang panjang dapat membuat karyawanmu kelelahan. Apalagi jika mereka harus menempuh perjalanan yang memiliki multiple transit. Artinya, sebelum karyawan mulai bekerja mereka sudah merasa lelah duluan. Sehingga produktivitasnya saat bekerja pun terganggu.

Sehingga sangat masuk akal jika karyawan diberikan tunjangan transportasi sebagai solusi akan permasalahan ini. Jangan sampai karyawanmu kelelahan dan malah mencari perusahaan lain yang menawarkan tunjangan lebih baik dari yang ia dapatkan saat ini.

#2 Meningkatkan ketertarikan calon-calon talent terbaik saat hiring

Selain meningkatkan produktivitas karyawan, memiliki tunjangan yang tepat juga dapat meningkatkan ketertarikan calon talent terbaik saat hiring.

Pencari kerja cenderung melihat benefit karyawan sebagai salah satu indikator menarik atau tidaknya bekerja di sebuah perusahaan. Nah, jangan sampai kalah saing sama perusahaan lain yang sudah mulai memberikan tunjangan transportasi untuk karyawan ya!

Baca juga: Biar Kantong Gak Jebol, Yuk Hitung Perbandingan Biaya Transportasi di Jakarta!

#3 Menurunkan angka turnover karyawan.

Benefit yang kurang memadai juga menjadi salah satu alasan mengapa karyawan mempertimbangkan untuk pindah bekerja di perusahaan lain. Dengan memberikan benefit yang pas untuk mereka, kamu dapat membantu perusahaan untuk mengurangi angka turnover yang pastinya akan dirasakan manfaatnya bagi perusahaan dalam jangka panjang.

Bagaimana cara memberikan tunjangan transport bagi karyawan?

Perusahaan dapat memilih untuk menyediakan paket benefit ini secara in-house maupun melalui pihak ketiga. Tapi rasanya akan sangat sulit dan mahal untuk menyediakan semuanya secara in-house, belum lagi biaya perawatan kendaraan yang akan digunakan karyawan kelak.

Untuk itu, Swoopermin menyarankan kamu untuk memilih penyedia layanan transportasi dari pihak ketiga untuk memenuhi kebutuhanmu ini.

Dengan perkembangan teknologi yang pesat, banyak penyedia layanan transportasi yang juga sudah beralih serba digital. Sehingga memudahkan kamu dalam mengelola transportasi karyawan baik dari segi ketersediaan kendaraan ataupun proses pembayarannya.

Swoop Business adalah solusi digital transportasi karyawan terintegrasi yang bisa memudahkanmu untuk menyediakan transportasi karyawan khususnya di masa pandemi seperti saat ini. Dengan kendaraan berkapasitas medium (12-19 seater) dan protokol kesehatan yang ketat, tetap bekerja di masa pandemi dijamin tetap aman.

Yuk, daftarkan perusahaanmu melalui link berikut!